Sahabat Bunda Blog : Sahabat Bunda -->

Friday, 30 April 2021

Tips Menggoreng Ikan Supaya tidak Lengket di Wajan


Tips Menggoreng Ikan Supaya tidak Lengket di Wajan

Ikan adalah salah satu lauk yang banyak di gemari oleh semua orang ya lovers. Rasanya yang gurih memanjakan lidah kita lovers

Namun sering kali ketika kita goreng ikan nya malah lengket di penggorengan dan ketika di balik ikannya malah hancur belum lagi minyak yang meletup letup ketika kita menggoreng ikan. Tampilannya jadi kurang menarik walau pun masih bisa di nikmati. Agak membuat kecewa pastinya ya lovers

Berikut ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu supaya ikan yang kita goreng tidak lengket dan hancur ketika di goreng tanpa menggunakan wajan anti lengket tentunya ya lovers.

1. Gunakan wajan yang bersih
Wajan yang bersih meminimalisir ikan yang kita goreng jadi lengket . Karna bila kita memakai wajan yang telah di pakai untuk mengolah sebelumnya pasti terdapat sisa bahan yang masih menempel ketika kita gunakan menyebabkan ikan jadi lengket di wajan.

2. Jumlah minyak yang di gunakan
Gunakan minyak sepertiga dari besarnya wajan karna minyak yang dipanas kan akan meluap keatas ketika di panaskan.

3. Minyak yang panas
Resiko ketika kita memasukan ikan pada saat wajan belum panas adalah ikan lengket di wajan dan menjadi hancur. Dan ikan jadi banyak menyerap minyak.

Sebaiknya minyak yang di pakai harus yang baru bukan bekas sisa menggoreng bahan lain ya lovers

4. Perasan lemon
Peraskan sedikit lemon di minyak untuk menggoreng ikan untuk meminimalisir ikan lengket dan minyak nya meletup letup ketika digoreng.

5. Tabur tepung terigu
Setelah minyak panas taburi minyak dengan terigu sedikit . Cara ini akan membuat ikan tidak lengket di penggorengan dan ikan matang sempurna

6. Gunakan api sedang
Ketika kita menggoreng ikan usahakan gunakan api sedang ikan akan matang sempurna . Bila apinya kecil ikan akan lengket dan mudah hancur. Dan bila api besar ikan akan cepat gosong.

7. Balik ikan setelah kering
Ketika menggoreng ikan pastikan satu sisi ikan kering terlebih dahulu supaya ikan tidak hancur karna sering di balik balik ya lovers

Nah itu beberapa tips menggoreng ikan supaya tidak lengket tanpa wajan anti lengket ya lovers. Semoga tips nya berkenan dan bermanfaat.selamat mencoba.

Wednesday, 28 April 2021

Cara Praktis 6 Jenis Kue dari Satu Adonan Kue



Menjelang lebaran tiba, pasti lovers juga mulai menyiapkan kue kue kering yang nantinya akan di sajikan di hari kemenangan. Namun pada masa pandemi seperti ini tidak semua orang bisa menyuguhkan kue kue lebaran yang bisa dibilang kurang atau tidak terjangkau oleh kalangan menengah kebawah lover

Nah untuk lovers yang ingin membuat kue mungkin bisa mencoba resep ini. Karna hanya dengan satu resep adona kue bisa menjadi 7 varian jenis kue loh lovers. Ini akan sangat membantu untuk lovers yang memiliki budget yang minim namun ingin menyajikan kue untuk keluarga tercintanya.

Resep adonan dasarnya, berikut bahan dasar adonan kue kering:

- 1 kg tepung terigu protein rendah
- 150 gr tepung maizena atau 19 sdm
- 3 sdm susu bubuk
- 700 gr margarin (500 gr mentega royal krone ditambah 200 gr margarin)
- 250 gr gula halus atau 25 sdm
- 5 butir kuning telur

Simak cara mengolah bahan dasar nya sebagai berikut:

1. Campur gula halus dan margarin, saring gula agar tidak menggumpal, mixer sampai tercampur.
2. Setelah tercampur masukan telur lalu mixer kembali 2 menit yang penting tercampur rata.
3. Tambahkan susu bubuk dan tepung maizena. Mixer kembali sampai rata.
4. Tambahkan tepung terigu sedikit sedikit secara bertahap bisa di mixer atau diuleni menggunakan tangan, sampai tercampur rata.
5. Masukan kedalam wadah.

Nah adonan ini biasa di kreasikan jadi 6 macam kue lovers

1. Nastar
Ambil adonan bulatkan sesuai selera isi kan dengan selai nanas oles kuning telur dan toping keju parut susun diloyang .kemudian di oven

2. Tumbel print
Ambil adonan bentuk bulat tekan tengahnya menggunakan jempol isikan selai stroberi.susun di loyang .kemudian di oven

3. Kue wafer
Pipihkan adonan berbentuk persegi . Isikan dengan satu batang wafer gulung adonan sampai wafer tertutup rata .potong jadi beberapa bagian sama panjang .susun di loyang kemudian oven

4. Kue coklat kacang
Tambahkan adonan dengan coklat bubuk sampai berwarna coklat tua. Bulatkan adonan sesuai selera .taburi kacang sangarai .kemudian dioven

5. Putri salju
Tambahkan adonan dengan keju cetak dengan cetakan putri salju.susun di loyang .kemudian di oven . Setelah dingin tabur dengan gula halus

6. Kue coklat ceres
Adonan dasar tambahkan coklat bubuk secukupnya kemudian bulatkan susun di loyang masukan oven. Setelah matang dan dingin celupkan ke coklat cair lalu taburi meses.

Jika lovers ingin berjualan resep ini juga bisa di praktekan karna praktis dengan satu adonan kue menjadi bermacam jenis kue.


Tuesday, 27 April 2021

Tips Receh yang Sangat Berguna Manfaat Baking Powder



Hi Bund, Tahu enggak sih kalo baking powder itu adalah salah satu bahan dalam pembuatan yang berfungsi sebagai pengembang kue. Lovers yang sering membuat kue pasti familiar dengan bahan yang satu ini.

Namun baking powder punya fungsi lain loh selain sebagai bahan pengembang kue. Tips ini mungkin bisa lovers coba dirumah dengan menggunakan baking powder.

1. Menghilangkan komedo
Buat campuran baking powder dengan madu secukup nya .aplikasikan di seluruh wajah seperti masker pijat perlahan kemudian bilas dengan air hangat

2. Menghilangkan bau pada botol minum.
Sering kali kita mendapatkan botol minum kita berbau tidak sedap kan lovers. Nah cara menghilangkan bau itu dengan mencampurkan baking powder dengan air kemudian kocok kocok botol sampai berbuah dan bilas sampai bersih. Bau tak sedap pun hilang.

3. Mencuci sayuran
Terkadang sayur yang kita beli mengandung pestisida ya lovers nah supaya kandungan ini terkikis , kita dapat membersihkan sayuran ini dengan baking powder sebelum kita cuci lagi hingga bersih. Agar pestisidanya hilang

4. Menghilangkan bau mulut
Bau mulut sangat mengganggu kan lovers. Nah untuk mengatasi bau mulut ini campurkan baking powder dengan air dan dibuat berkumur kumur.maka bau mulut hilang

5. Menghilangkan bau pada tangan
Sering kali kita mendapatkan bau yang susah hilang seperti bau amis ikan dan bau bawang putih. Lovers bisa menghilangkan bau nya dengan mengosok perlahan tangan dengan baking powder.

6. Menghilangkan kerak membandel
Kerak membandel di kompor atau loyang kue bisa di hilangkan dengan campuran air dan baking powder yang dioles dan diamkan sebentar setelah itu di bilas atau dilap maka kerak akan terangkat

7. Membersihkan lemak dan minyak
Baking powder juga sering digunakan untuk membersihkan minyak dan lemak loh lovers. Caranya campurkan satu sendok baking powder pada sabun cuci piring .Tuang campuran pada alat yang berminyak, lalu diamkan beberapa saat. Setelahnya, gosok perlahan dan bilas dengan air bersih.

8. Mengusir semut
Sering kali makanan kita dikerumuni semut sehingga tidak dapat di makan lagi . Campurkan baking powder dengan garam taburkan dipinggir dekat makanan semut pun enggan mendekat.

Nah lovers semoga tips receh yang sangat berguna ini bisa membantu lovers semua ya.selamat mencoba

Monday, 26 April 2021

Resep Bebek Bumbu Hitam Madura ala Bunda



Nasi bebek Madura. Siapa yang sudah pernah mencicipi kuliner lezat yang satu ini lovers???
Pertama kali aku nyoba kuliner yang satu ini langsung jatuh hati lovers. Bikin ketagihan...

Rasanya yang gurih dengan bumbu rempah yang komplit menjadikan rasa yang kompleks ditambah daging bebek nya yang empuk dan ga amis

Karna menjadi salah satu menu favorit akhirnya aku cari resepnya supaya bisa di coba masak sendiri dirumah . Karna anak anak suka juga dengan kuliner ini supaya lebih irit he..he..he

Jadi aku mau berbagi cara memasaknya

1. Bersihkan bebek potong sesuai selera
2. Lumuri bebek dengan jeruk nipis dan garam. Diamkan
3. Ukep bebek dengan bumbu halus tambahkan air masak sampai bumbu menyusut tambahkan penyedap dan garam
4. Angkat bebek dari bumbu
5. Goreng bebek hingga matang
6. Bumbu bebek yang sudah asat tambahkan minyak goreng agak banyak .
7. Masak bumbu ukep dengan api kecil sambil diaduk aduk supaya tidak gosong sampai warnanya gelap kehitaman ( ini memang memerlukan kesabaran ya lovers) tips biar ga gosong dan lengket di wajan , gunakan wajan anti lengket ya.
8.setelah bumbu gelap kehitaman siap di hidangkan nih lovers.
9. Bebek yang sudah di goreng di siram bumbu hitam tambahkan dengan timun yang diiris untuk lalapnya. Jadi deh bebek bumbu hitamnya. Maknyus .

Bumbu halus
*cabe merah 5 buah( kalo mau lebih pedes tambahkan cabenya)
*bawang merah 10 buah
*bawang putih 5 buah
*sereh 2 batang
*kunyit 2 cm
*jahe 2 cm
*kemiri 3 butir
*ketumbar 1 sendok makan
*merica 1/2 sendok makan
*daun salam 3 lembar
*daun jeruk 10 lembar
*lengkuas 2 cm
*2 sendok makan air asam jawa

Yang penasaran rasanya ayo dicoba resepnya. Dijamin bikin nagih .

Sunday, 25 April 2021

Ketahui ya Bund,Tips Melembabkan Wajah Secara Alami



Memiliki kulit wajah yang kenyal dan halus seperti kulit bayi adalah dambaan banyak orang lho bund, terutama kaum hawa.

Tanda kulit yang sehat yaitu kulit kencang dan kenyal lovers. Untuk mendapatkan kulit sehat harus ada usaha untuk merawatnya .

Memiliki kulit wajah yang sehat membuat kita lebih awet muda loh lovers.pori pori kulit mengecil sehingga kulit jadi mulus dan halus

Untuk lovers yang mengalami masalah kulit wajah yang kering ,ruam muncul garis garis halus itu tanda tanda nya terjadi penuaan dini pada kulit lovers

Berikut beberapa cara untuk mendapatkan kulit yang lembab dan halus terawat

1.Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan salah satu bahan yang sering digunakan dalam perawatan kulit. Minyak kelapa memiliki kandungan zat yang diyakini dapat menjaga kelembaban kulit, bahkan mampu membuat kulit terlihat lebih muda.

2. Perbanyak mengkonsumsi air putih

Mengkonsumsi air putih sesuai kebutuhan dapat menjaga kelembapan kulit.karna organ tubuh memerlukan air untuk membuat kondisi tubuh tetap terjaga

3. Melembabkan dengan susu

susu yang mengandung asam laktat mampu meningkatkan dan menjaga kelembaban kulit.
Caranya dengan mengaplikasikan susu bubuk yang dicampur sedikit air hingga berbentuk pasta, lalu pasta tersebut dioleskan pada wajah secara merata. Seperti masker wajah

4. Minyak zaitun

Selain minyak kelapa minyak zaitun juga direkomendasikan untuk menjaga kelembapan kulit. Minyak zaitun di kenal mampu menghaluskan dan melembabkan kulit karenanya banyak di gunakan dalam produk kecantikan

5. Lidah buaya

Tanaman ini juga dikenal mampu membuat kulit lembab .dapat di aplikasikan langsung pada kulit atau dengan menggunakan produk kecantikan yang berbahan dasar lidah buaya ya lovers

Nah itulah tips agar kulit jadi lembab dan sehat lovers semoga bermanfaat

Saturday, 24 April 2021

Tips Praktis Menambal Panci yang Bocor



Di zaman yang sudah serba canggih ini banyak orang lebih memilih panci yang terbuat dari bahan almunium ,selain harganya yang lebih murah untuk rakyat juga lebih aman dari bahan teflon loh lovers.

Namun masalah yang sering di hadapi pengguna panci dan wajan almunium adalah bolong atau bocor pasti lovers juga sudah sering mengalaminya .

Jika bocor nya kecil maka panci atau wajan masih bisa diselamatkan dengan cara di tambal sedangkan kalo bocor berdiameter besar ya harus di ganti ya lovers.

Untuk menambal panci atau wajan kalo jaman dulu masih banyak ya tukang patri keliling. Tp di jaman sekarang susah banget nemuin tukang patri ya kan lovers.

Lovers sih bisa aja membelinya alat untuk menambal yang langsung di tempelkan di online shop atau pasar.
Namun untuk keadaan urgent kita bisa memakai bahan yang sederhana yang ada dirumah loh lovers.
Mungkin lovers mau coba bila kepepet he..he..he

1. Menambal dengan bungkus penyedap

Menambal panci dengan bungkus penyedap

Bungkus penyedap yang menggunakan bahan almunium juga bisa untuk menambal panci yang bocor ya loves.
- Bersihkan bagian yang akan ditambal .
- Ambil bungkus penyedap (misal bungkus Roy**) panaskan di atas api sampai meleleh .
- Tempelkan pada bagian panci atau wajan yang berlubang ratakan. Tekan tekan dengan kayu jangan dengan tangan ya karna panas .

2. Menambal dengan solder timah

Menambal panci dengan solder

Nah bagi yang suaminya atau bapak nya suka otak atik elektronik mungkin suka pakai solder dan timah .nah bila dirumah ada panci atau wajan istrinya yang berlubang
Biasa di tambal menggunakan timah yang dilelehkan menggunakan solder ya lovers

3. Menambal dengan menggunakan almunium dari kertas almunium bungkus coklat atau rokok

Menambal panci dengan alumunium foil

Ambil almunium pada bungkus coklat atau rokok bisa juga dari kotak susu uht lepaskan lapisannya perlahan. Beri lem kertas.tempelkan pada bagian yang berlubang panaskan menggunakan lilin sambil ditekan pelan agar menempel kuat lovers

Nah tips ini bisa membantu lovers mengakali saat panci atau wajan nya berlubang ya lovers.

Friday, 23 April 2021

Resep Memasak Rendang Ala Bunda



Ragam budaya dari kepulauan indonesia membuat indonesia memiliki banyak makanan khas dari masing masing daerah di tiap pulau.

Ada beberapa makanan dari daerah daerah tersebut yang sangat di kenal bahkan mendunia karna cita rasa yang lezat. Memakai rempah rempah yang beraneka ragam membuat kelezatannya tidak di ragukan lagi ya lovers.

Salah satu makanan indonesia yang bercita rasa lezat adalah rendang. Rendang dengan bumbu beraneka ragam membuat rasanya nikmat.

Pada tahun 2011, CNN menobatkan rendang sebagai makanan terenak di dunia loh lovers .

Rendang merupakan makanan khas dari Sumatera Barat tepatnya di Minangkabau .makanan ini memang disukai banyak orang. Bahkan, satu bungkus nasi padang lauk rendang, banyak difavoritkan anak indekos saat menempuh pendidik di perantauan.

Rendang di masak dengan waktu yang cukup lama loh lovers . Sekitar 4 sampai 5 jam sampai santannya menjadi asat dan kering. Yang terlihat hanya potongan daging dengan warna yang gelap dan kental berjejak.

Dalam suhu ruangan rendang bahkan dapat bertahan lama bisa berminggu minggu. Karna proses pemasakannya yang lumayan lama jadi rendang lebih awet ya loves.

Rendang merupakan masakan yang mengunakan bumbu rempah yang kaya. Selain daging, rendang juga menggunakan santan kelapa, dan campuran dari berbagai bumbu khas yang dihaluskan di antaranya cabai (lado), serai, lengkuas, kunyit, jahe, bawang putih, bawang merah dan aneka bumbu lainnya. 

Keunikan rendang ialah penggunaan bumbu-bumbu alami, yang sifatnya antiseptik dan membunuh bakteri patogen sehingga berfungsi sebagai bahan pengawet alami. Bawang putih, bawang merah, jahe, dan lengkuas diketahui memiliki aktivitas antimikroba yang kuat.

Jadi tidak mengherankan jika rendang dapat disimpan satu minggu hingga empat minggu.

Proses memasak rendang asli dapat menghabiskan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam), karena itulah memasak rendang memerlukan waktu dan kesabaran.

1. Potongan daging dimasak bersama bumbu dan santan dalam panas api yang tepat, diaduk pelan hingga asat dan santan bumbu terserap daging.

2.Setelah mendidih, apinya dikecilkan sambil terus diaduk sampai santan mengental dan menjadi kering. Memasak rendang harus ekstra sabar dan telaten ditunggui, senantiasa dengan hati-hati dibolak-balik agar santan tidak pecah .mengering dan bumbu menyerap sempurna, tanpa membuat hangus dan menghancurkan daging. Proses memasak ini dikenal dengan istilah 'karamelisasi'. Karena menggunakan banyak jenis bumbu, rendang dikenal memiliki cita rasa yang unik.

Ad Placement